Pages

Mengidentifikasikan berbagai peralatan teknologi Informasi dan Komunikasi

Di dalam kehidupan sehari-hari kita tidak lepas dengan TIK, diharapkan para siswa dapat mengetahui peralatan TIK dengan baik dan benar serta dapat membedakannya. Dalam Sistem Komputer terdapat 3 komponen:
  1. Perangkat Keras (Hardware) yaitu perangkat komputer yang dapat di lihat dan disentuh.
  2. Perangkat Lunak (Software) yaitu program komputer yang dibuat dengan bahasa pemrograman dan terdiri dari sekumpulan sintax pemrograman.
  3. Pengguna (Brainware) yaitu unsur pengguna yang disebut user (manusia atau lainnya).
Dalam penggelompokan perangkat keras dapat di klasifikasikan sebagai berikut:
  1. Perangkat masukan (Input Devices) yaitu perangkat yang berfungsi untuk memasukkan data, seperti : keyboard, mouse, joystick, mic, kamera digital, pc tablet, scanner, light pen, track ball, touchscreen dll.
  2. Perangkat proses (Processing Devices) yaitu perangkat pemroses data : CPU (<ALU, CU, ROM>, RAM,  Prosesor, Mainboard, dll.
  3. Perangkat keluaran (Output Devices) yaitu perangkat yang menampilkan data hasil proses : Proyektor, monitor, printer, speaker, headset dll.
  4. Perangkat penyimpan (Storage Devices) yaitu perangkat untuk menyimpan data : hardisk, flashdisk, CD/DVD dll.
  5. Perangkat tambahan (Peripheral Devices) yaitu perangkat yang berfungsi menghubungkan dengan peralatan lain agar dapat berkomunikasi seperti kabel vga, lancard, internal modem dll.

Dalam setiap komputer maupun peralatan TIK yang lainnya di perlukan sistem operasi (Operating System) agar program komputer yang berfungsi untuk menjembatani agar sistem komputer (hardware, software dan brainware) dapat berhubungan satu sama lain dan bekerja dengan semestinya. Sistem Operasi digolongkan menjadi 2 hal yaitu:
  1. Sistem Terbuka (Open Source) yaitu sistem operasi dengan kode sumber terbuka. Contoh: Linux (Open SuSe, Mandriva, Ubuntu, Kubuntu, BlankOn, RedHat, Edubuntu, Centos, Igos Nusantara, Free BSD dll)
  2. Sistem Tertutup (Close Source) yaitu sistem operasi dengan kode sumber tertutup dan berbayar seperti Windows (2000 server, ME, XP, Vista, Seven 7), Mac OS, Sun OS, Unix dll.
Secara umum Sistem Operasi terbagi dari 4 hal yaitu:
  1. Boot berfungsi untuk meletakan kernel dalam memori perangkat keras.
  2. Kernel berfungsi sebagai inti dari sistem operasi, bertugas membaca input dari pengguna.
  3. Library berfungsi menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain.
  4. Driver berfungsi untuk berinteraksi dan mengontrol perangkat keras internal.

Berikut adalah gambaran perkembangan TIK dari masa lalu hingga saat ini yang kita gunakan dapat dilihat pada Video berikut:




Yohan Adi Setiawan

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar