Pages

Kegiatan Pembinaan MGMP TIK Tahun 2016


A.  LATAR BELAKANG
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 butir 19, menjelaskan kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedomana penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
Permendikbud Nomor 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum 2006 untuk sekolah yang bukan sasaran Kurikulum 2013.
Dalam implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Tahun 2006, masih dijumpai beberapa masalah sebagai berikut:
1.    Konten kurikulum masih terlalu padat yang ditunjukkan dengan banyaknya Mata Pelajaran dan banyak Materi yang keluasan dan tingkat kesukarannya melampaui tingkat perkembangan usia anak.
2.    Kurikulum belum sepenuhnya berbasis kompetensi sesuai dengan tuntutan fungsi dan tujuan pendidikan nasional.
3.    Kompetensi belum menggambarkan secara holistic domain sikap, keterampilan, dan pengetahuan.
4.    Beberapa kompetensi yang dibutuhkan sesuai dengan perkembangan kebutuhan (misalnya pendidikan karakter, metodologi pembelajaran aktif, keseimbangan soft skill dan hard skills, kewirausahaan) belum terakomodasi di dalam kurikulum.
5.    Kurikulum belum peka dan tanggap terhadap perubahan sosial yang terjadi pada tingkat lokal, nasional, maupun global.
6.    Standar proses pembelajaran belum menggambarkan urutan pembelajaran yang rinci sehingga membuka peluang penafsiran yang beraneka ragam dan berujung pada pembelajaran yang berpusat pada guru.
7.    Standar penilaian belum mengarahkan pada penilaian berbasis kompetensi (proses dan hasil) dan belum secara tegas menuntut adanya remdiasi secara berkala.
8.    Dengan KTSP memerlukan dokumen kurikulum yang lebih rinci agar tidak menimbulkan multitafsir.
Sesuai amanat Permendikbud Nomor 160 Tahun 2014, sebagai besar sekola di Kabupaten Bojonegoro kembali menggunakan Kurikulum 2006 (KTSP) dan sebagian kecil saja sekolah yang menggunakan Kurikulum 2013 dengan dilandasi pemikiran tantangan masa depan yaitu tantangan abad ke-21 yang ditanadai dengan abad ilmu pengetahuan, knowledge-based society dan kompetensi masa depan. Agar pelaksanaan Kurikulum 20006 dan 2013 dapat berjalan seiring, maka perlu dilakukan pelatihan bagi para guru yang akan melaksanakan kurikulum tersebut pada Tahun Ajaran 2015/2016 yaitu Guru SMP Negeri dan Swasta yang tergabung pada MGMP Mata Pelajaran masing-masing. Agar kegiatan pelatihan dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, perlu disusun “Pedoman Pelatihan Guru SMP Negeri dan Swasta se-Kabupaten Bojonegoro Tahun 2015” untuk dijadikan sebagai acuan oleh pihak-pihak yang akan melaksanakan pelatihan tersebut.
B.  TUJUAN
Tujuan Umum untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan Guru SMP Negeri/ Swasta dalam penerapan Kurikulum 2006 dan 2013 di sekolah masing-masing.
Tujuan khusus dapat memahami konsep. Kerangka dasar dan struktur kurikulum 2006 dan 2013; memahami SKL, SK, KD dan Silabus Kurikulum 2006 dan SI, SKL, KI, KD pada Kurikulum 2013; memahami pendekatan pembelajaran dan model-model pembelajaran; memahami penilaian pembelajaran; mampu menyusun dan mengembangkan perngkat RPB; Memahami STEAM Sain Komputer sebagai pendidikan TIK pada Abad 21; Memahami pemanfaatan Blog bagi guru dalam kegiatan pembelajara maupun literasi pendidikan.
C. 
SASARAN
Sasaran kegiatan ini adalah guru-guru yang tergabung pada MGMP Mata Pelajaran TIK pada jenjang SMP Negeri/ Swasta Kabupaten Bojonegoro dengan jumlah undangan sebanyak 50 peserta  guru dan 2 Instruktur.

D.  WAKTU DAN PELAKSANAAN
Kegiatan MGMP TIK dilaksanakan pada tanggal 21 s.d 22 MAret 2016 di SMP Negeri 3 Bojonegoro dengan Pendamping Drs. Sunardji, MM

E.  BIAYA PELAKSANAAN KEGIATAN
Pembiayaan kegiatan berasal dari APBD Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro.
F.  STRUKTUR PROGRAM
Untuk mencapai tujuan Pembinaan Musyawarah guru Mata Pelajaran TIK pada jenjang SMP dilaksanakan dengan struktur program berikut:
NO
MATERI PELATIHAN
ALOKASI WAKTU (Jam Pel)
1.
Kebijakan Dinas Pendidikan
1
2.
Rasional dan Elemen Perubahan Kurikulum
1
3.
SKL, KL, KD dan Silabus
1
4.
Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum
1
5.
Pendekatan Pembelajaran (Kontekstual, Saintifik, dll)
2
6.
Model-model Pembelajaran
4
7.
STEM Education
1
9.
Membuat Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android
1
10.
Pengenalan Web Blog
2
11.
Pembuatan Web Blog Sebagai Media Pembelajaran
10

G.
SKENARIO KEGIATAN
a.   Pembukaan
Pembukaan diikuti oleh semua anggota MGMP dalam satu ruang sidang. Dalam pembukaan disampaikan kebijakan Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro atau pejabat yang ditunjuk khususnya tentang implemetnasi Kurikulum 2006 dan 2013 di Kabupaten Bojonegoro.
b.   Kegiatan Inti
Hari, Tanggal
Pukul
Kegiatan / Materi Kegiatan
Narasumber / Pendamping
Senin,
21 Maret 2016
07.30 – 08.15
Registrasi Peserta
Panitia
08.15 – 09.00
Kebijakan Dinas Pendidikan
Kepala Dinas Pendidikan
09.00 – 09.45
Rasional dan Elemen Perubahan Kurikulum
Indriana Kurniawati, S.Kom
09.45 – 10.00
Istirahat
Panitia
10.00 – 10.45
SKL, KL, KD dan Silabus
Indriana Kurniawati, S.Kom
10.45 – 11.30
Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum
Indriana Kurniawati, S.Kom
11.30 – 12.15
Pendekatan Pembelajaran (Kontekstual, Saintifik, dll)
Indriana Kurniawati, S.Kom
12.15 – 13.00
Ishoma
Panitia
13.00 – 13.45
Pendekatan Pembelajaran (Kontekstual, Saintifik, dll)
Indriana Kurniawati, S.Kom
13.45 – 14.30
Model-model Pembelajaran
Indriana Kurniawati, S.Kom
14.30 – 15.15
Model-model Pembelajaran
Indriana Kurniawati, S.Kom
15.15 – 15.30
Istirahat
Panitia
15.30 – 16.15
STEAM Education
Yohan Adi Setiawan, S.Kom
16.15 – 17.00
Membuat Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android
Yohan Adi Setiawan, S.Kom
Selasa,
22 Maret 2016
07.30 – 08.15
Pengenalan Web Blog
Rifaun Naim, S.Kom
08.15 – 09.00
Pembuatan Web Blog Sebagai Media Pembelajaran
Rifaun Naim, S.Kom
09.00 – 09.45
Pembuatan Web Blog Sebagai Media Pembelajaran
Rifaun Naim, S.Kom
09.45 – 10.00
Istirahat
Panitia
10.00 – 10.45
Pembuatan Web Blog Sebagai Media Pembelajaran
Rifaun Naim, S.Kom
10.45 – 11.30
Pembuatan Web Blog Sebagai Media Pembelajaran
Rifaun Naim, S.Kom
11.30 – 12.15
Pembuatan Web Blog Sebagai Media Pembelajaran
Rifaun Naim, S.Kom
12.15 – 13.00
Ishoma
Panitia
13.00 – 13.45
Pembuatan Web Blog Sebagai Media Pembelajaran
Rifaun Naim, S.Kom
13.45 – 14.30
Pembuatan Web Blog Sebagai Media Pembelajaran
Rifaun Naim, S.Kom
14.30 – 15.15
Pembuatan Web Blog Sebagai Media Pembelajaran
Rifaun Naim, S.Kom
15.15 – 15.30
Istirahat
Panitia
15.30 – 16.15
Pembuatan Web Blog Sebagai Media Pembelajaran
Rifaun Naim, S.Kom
16.15 – 17.00
Pembuatan Web Blog Sebagai Media Pembelajaran
Rifaun Naim, S.Kom

c.   Penutup

Panitia penyelenggara menyampaikan program kegiatan selanjutnya agar dapat di tindak lanjuti.

Yohan Adi Setiawan

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar