Undang-Undang
Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 butir 19,
menjelaskan kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai
tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedomana
penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan
tertentu.
Permendikbud
Nomor 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum 2006 untuk sekolah yang
bukan sasaran Kurikulum 2013.
Dalam
implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Tahun 2006, masih
dijumpai beberapa masalah sebagai berikut:
1.
Konten
kurikulum masih terlalu padat yang ditunjukkan dengan banyaknya Mata Pelajaran
dan banyak Materi yang keluasan dan tingkat kesukarannya melampaui tingkat
perkembangan usia anak.
2.
Kurikulum
belum sepenuhnya berbasis kompetensi sesuai dengan tuntutan fungsi dan tujuan
pendidikan nasional.
3.
Kompetensi
belum menggambarkan secara holistic domain sikap, keterampilan, dan
pengetahuan.
4.
Beberapa
kompetensi yang dibutuhkan sesuai dengan perkembangan kebutuhan (misalnya
pendidikan karakter, metodologi pembelajaran aktif, keseimbangan soft skill dan
hard skills, kewirausahaan) belum terakomodasi di dalam kurikulum.
5.
Kurikulum
belum peka dan tanggap terhadap perubahan sosial yang terjadi pada tingkat
lokal, nasional, maupun global.
6.
Standar
proses pembelajaran belum menggambarkan urutan pembelajaran yang rinci sehingga
membuka peluang penafsiran yang beraneka ragam dan berujung pada pembelajaran
yang berpusat pada guru.
7.
Standar
penilaian belum mengarahkan pada penilaian berbasis kompetensi (proses dan
hasil) dan belum secara tegas menuntut adanya remdiasi secara berkala.
8.
Dengan
KTSP memerlukan dokumen kurikulum yang lebih rinci agar tidak menimbulkan
multitafsir.
Sesuai amanat Permendikbud
Nomor 160 Tahun 2014, sebagai besar sekola di Kabupaten Bojonegoro kembali
menggunakan Kurikulum 2006 (KTSP) dan sebagian kecil saja sekolah yang
menggunakan Kurikulum 2013 dengan dilandasi pemikiran tantangan masa depan
yaitu tantangan abad ke-21 yang ditanadai dengan abad ilmu pengetahuan, knowledge-based society dan kompetensi
masa depan. Agar pelaksanaan Kurikulum 20006 dan 2013 dapat berjalan seiring,
maka perlu dilakukan pelatihan bagi para guru yang akan melaksanakan kurikulum
tersebut pada Tahun Ajaran 2015/2016 yaitu Guru SMP Negeri dan Swasta yang
tergabung pada MGMP Mata Pelajaran masing-masing. Agar kegiatan pelatihan dapat
dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, perlu disusun “Pedoman Pelatihan Guru SMP
Negeri dan Swasta se-Kabupaten Bojonegoro Tahun 2015” untuk dijadikan sebagai
acuan oleh pihak-pihak yang akan melaksanakan pelatihan tersebut.
B. TUJUAN
Tujuan Umum untuk
meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan Guru SMP Negeri/ Swasta
dalam penerapan Kurikulum 2006 dan 2013 di sekolah masing-masing.
Tujuan khusus dapat
memahami konsep. Kerangka dasar dan struktur kurikulum 2006 dan 2013; memahami
SKL, SK, KD dan Silabus Kurikulum 2006 dan SI, SKL, KI, KD pada Kurikulum 2013;
memahami pendekatan pembelajaran dan model-model pembelajaran; memahami
penilaian pembelajaran; mampu menyusun dan mengembangkan perngkat RPB; Memahami
STEAM Sain Komputer sebagai pendidikan TIK pada Abad 21; Memahami pemanfaatan
Blog bagi guru dalam kegiatan pembelajara maupun literasi pendidikan.
C.
SASARAN
SASARAN
Sasaran
kegiatan ini adalah guru-guru yang tergabung pada MGMP Mata Pelajaran TIK pada
jenjang SMP Negeri/ Swasta Kabupaten Bojonegoro dengan jumlah undangan sebanyak
50 peserta guru dan 2 Instruktur.
D. WAKTU DAN PELAKSANAAN
Kegiatan
MGMP TIK dilaksanakan pada tanggal 21 s.d 22 MAret 2016 di SMP Negeri 3
Bojonegoro dengan Pendamping Drs. Sunardji, MM
E. BIAYA PELAKSANAAN KEGIATAN
Pembiayaan
kegiatan berasal dari APBD Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Dinas
Pendidikan Kabupaten Bojonegoro.
F. STRUKTUR PROGRAM
Untuk
mencapai tujuan Pembinaan Musyawarah guru Mata Pelajaran TIK pada jenjang SMP
dilaksanakan dengan struktur program berikut:
NO
|
MATERI PELATIHAN
|
ALOKASI WAKTU (Jam Pel)
|
1.
|
Kebijakan
Dinas Pendidikan
|
1
|
2.
|
Rasional
dan Elemen Perubahan Kurikulum
|
1
|
3.
|
SKL,
KL, KD dan Silabus
|
1
|
4.
|
Kerangka
Dasar dan Struktur Kurikulum
|
1
|
5.
|
Pendekatan
Pembelajaran (Kontekstual, Saintifik, dll)
|
2
|
6.
|
Model-model
Pembelajaran
|
4
|
7.
|
STEM Education
|
1
|
9.
|
Membuat
Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android
|
1
|
10.
|
Pengenalan
Web Blog
|
2
|
11.
|
Pembuatan
Web Blog Sebagai Media Pembelajaran
|
10
|
G.
SKENARIO KEGIATAN
SKENARIO KEGIATAN
a.
Pembukaan
Pembukaan
diikuti oleh semua anggota MGMP dalam satu ruang sidang. Dalam pembukaan
disampaikan kebijakan Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro oleh Kepala Dinas
Pendidikan Kabupaten Bojonegoro atau pejabat yang ditunjuk khususnya tentang
implemetnasi Kurikulum 2006 dan 2013 di Kabupaten Bojonegoro.
b.
Kegiatan
Inti
Hari, Tanggal
|
Pukul
|
Kegiatan / Materi Kegiatan
|
Narasumber / Pendamping
|
Senin,
21 Maret 2016
|
07.30
– 08.15
|
Registrasi
Peserta
|
Panitia
|
08.15
– 09.00
|
Kebijakan
Dinas Pendidikan
|
Kepala
Dinas Pendidikan
|
|
09.00
– 09.45
|
Rasional
dan Elemen Perubahan Kurikulum
|
Indriana
Kurniawati, S.Kom
|
|
09.45
– 10.00
|
Istirahat
|
Panitia
|
|
10.00
– 10.45
|
SKL,
KL, KD dan Silabus
|
Indriana
Kurniawati, S.Kom
|
|
10.45
– 11.30
|
Kerangka
Dasar dan Struktur Kurikulum
|
Indriana
Kurniawati, S.Kom
|
|
11.30
– 12.15
|
Pendekatan
Pembelajaran (Kontekstual, Saintifik, dll)
|
Indriana
Kurniawati, S.Kom
|
|
12.15
– 13.00
|
Ishoma
|
Panitia
|
|
13.00
– 13.45
|
Pendekatan
Pembelajaran (Kontekstual, Saintifik, dll)
|
Indriana
Kurniawati, S.Kom
|
|
13.45
– 14.30
|
Model-model
Pembelajaran
|
Indriana
Kurniawati, S.Kom
|
|
14.30
– 15.15
|
Model-model
Pembelajaran
|
Indriana
Kurniawati, S.Kom
|
|
15.15
– 15.30
|
Istirahat
|
Panitia
|
|
15.30
– 16.15
|
STEAM
Education
|
Yohan
Adi Setiawan, S.Kom
|
|
16.15
– 17.00
|
Membuat
Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android
|
Yohan
Adi Setiawan, S.Kom
|
|
Selasa,
22 Maret 2016
|
07.30
– 08.15
|
Pengenalan
Web Blog
|
Rifaun Naim, S.Kom
|
08.15
– 09.00
|
Pembuatan
Web Blog Sebagai Media Pembelajaran
|
Rifaun Naim, S.Kom
|
|
09.00
– 09.45
|
Pembuatan
Web Blog Sebagai Media Pembelajaran
|
Rifaun Naim, S.Kom
|
|
09.45
– 10.00
|
Istirahat
|
Panitia
|
|
10.00
– 10.45
|
Pembuatan
Web Blog Sebagai Media Pembelajaran
|
Rifaun Naim, S.Kom
|
|
10.45
– 11.30
|
Pembuatan
Web Blog Sebagai Media Pembelajaran
|
Rifaun Naim, S.Kom
|
|
11.30
– 12.15
|
Pembuatan
Web Blog Sebagai Media Pembelajaran
|
Rifaun Naim, S.Kom
|
|
12.15
– 13.00
|
Ishoma
|
Panitia
|
|
13.00
– 13.45
|
Pembuatan
Web Blog Sebagai Media Pembelajaran
|
Rifaun Naim, S.Kom
|
|
13.45
– 14.30
|
Pembuatan
Web Blog Sebagai Media Pembelajaran
|
Rifaun Naim, S.Kom
|
|
14.30
– 15.15
|
Pembuatan
Web Blog Sebagai Media Pembelajaran
|
Rifaun Naim, S.Kom
|
|
15.15
– 15.30
|
Istirahat
|
Panitia
|
|
15.30
– 16.15
|
Pembuatan
Web Blog Sebagai Media Pembelajaran
|
Rifaun Naim, S.Kom
|
|
16.15
– 17.00
|
Pembuatan
Web Blog Sebagai Media Pembelajaran
|
Rifaun Naim, S.Kom
|
c.
Penutup
Panitia
penyelenggara menyampaikan program kegiatan selanjutnya agar dapat di tindak
lanjuti.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar