Pages

STEAM SAINS KOMPUTER UNTUK MATAPELAJARAN TIK INDONESIA

Pengenalan pendidikan STEAM Sains Komputer sebagai solusi menjawab pendidikan di era abad 21 untuk menyiapkan generasi emas anak bangsa. Dengan menggunakan pendidikan STEAM Sains Komputer sebagai penggembangan Layanan TIK dalam penerapan Permendikbud Nomor 68 Tahun 2014 jo Peremendikbud Nomor 45 Tahun 2015, karena didalam pendidikan STEAM Sains Komputer terdapat penerapan secara “Blended” sehingga memberikan anak didik di Bojonegoro untuk menerapkan HOTS (Higher Order Thinking Skill) dengan baik dan lancar.

Dalam pendidikan STEAM Sains Komputer mengajarkan siswa tidak hanya menggunakan Teknologi tapi menciptakan Teknologi sehingga terbentuknya kreativitas pada siswa agar lebih baik dalam penggunaan dan pembuatan teknologi dalam abad 21. Dalam kegiatan Workshop MGMP ini para Guru TIK SMP Kabupten Bojonegoro dipekernalkan STEAM Sains Komputer dengan menggunakan App Inventor sebagai sistem kreativitas pembuatan aplikasi di dalam Sistem Operasi Android ™  diharapkan setelah kegiatan Workshop ini Guru TIK SMP Kabupaten Bojonegoro dapat menerapkan pendidikan STEAM Sains Komputer kepada siswanya dan Guru Matapelajaran lainnya dalam pengembangan pendidikan di Kabupaten Bojonegoro.
Adapun bentuk workshop dari Aplikasi Media Pembelajaran ini untuk Guru Matapelajaran Bahasa Inggris dalam hal “Speaking” dan “Listening” adapun bentuk aplikasi seperti gambar dibawah ini.
Gambar 1 Aplikasi  Speaking

Gambar 2 Aplikasi Listening
 Untuk membuat aplikasi tersebut dalam App Inventor di buat dengan menggunakan beberapa Komponen dalam App Inventor yaitu:
Gambar 3 Komponen Speaking
Screen1
Sebagai tampilan/form aplikasi
imgCover
Tempat melatakan gambar cover
txtSay
Tempat hasil teks dari percakapan
btnSay
Tombol pemroses data
srSay
Pemroses suara

Gambar 4 Aplikasi Listening







Screen1
Sebagai tampilan/ form aplikasi
imgLogo
Tempat meletakan gambar cover
txtSaya
Tempat teks yang akan di baca system
cmdSay
Tombol pemroses data
ttsSay
Pembaca kata dalam txtSay






Setelah komponen terbentuk dan tampilan terbentuk (UI) maka langkah selanjutnya melakukan kode aplikasi dengan sistem Blocks seperti berikut:
Gambar 5 Blok Initial Speaking

Gambar 6 Blok Proses Listening
Melakukan initial data Speaking pada srSay dengan mengkosongkan txtSay sehingga tidak ada teks sama sekali






Ketika tombol btnSaya di tekan maka akan memanggil komponen srSay untuk memproses agar Android ™ membacakan teks yang ada dalam txtSay




Gambar 7 Blok Pemroses Suara

Berikut adalah blok untuk srSay memproses data yang ada dalam txtSay agar dapat didengarkan oleh siswa percakapannya.










Gambar 8 Blok Speaking


Ketika tombol cmdSay di tekan maka akan memproses Speaking pada Android ™ dan hasil suara ditampung dalam txtSay agar dapat diketahui hasil dari speaking siswa apakah sudah benar atau tidak dengan menggunakan ponsel guru.

Sehingga Guru TIK sesuai peraturan terbaru dapat membantu sesama guru atau siswa dalam melakukan pembelajaran agar siswa dapat menerapkan STEAM Sains Komputer dengan lebih baik. Sistem App Inventor bisa dilakukan secara On-Line dan Off-Line pada sistem komputer sekolah selain itu ada juga media pembelajaran STEAM Sain Komputer berbasis tanpa komputer untuk sekolah yang belum memiliki komputer. Ke depan harapan semoga STEAM Sain Komputer dapat diterapkan secara klasikal di Pendidikan TIK SMP Bojonegoro dengan 2 JJM klasikalnya.
Anda dapat melakukan instalasi hasil STEAM Sains Komputer pada link berikut:

Yohan Adi Setiawan

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

3 komentar:

  1. Nanti kita bersama-sama buat aplikasi2 yg lebih banyak lg, khususnya utk guru TIK SMP Bojonegoro. trimaksh Pak Yohan

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus