Pengenalan
pendidikan STEAM Sains Komputer sebagai solusi menjawab pendidikan di era abad
21 untuk menyiapkan generasi emas anak bangsa. Dengan menggunakan pendidikan
STEAM Sains Komputer sebagai penggembangan Layanan TIK dalam penerapan
Permendikbud Nomor 68 Tahun 2014 jo Peremendikbud Nomor 45 Tahun 2015, karena
didalam pendidikan STEAM Sains Komputer terdapat penerapan secara “Blended”
sehingga memberikan anak didik di Bojonegoro untuk menerapkan HOTS (Higher
Order Thinking Skill) dengan baik dan lancar.
Dalam pendidikan
STEAM Sains Komputer mengajarkan siswa tidak hanya menggunakan Teknologi tapi
menciptakan Teknologi sehingga terbentuknya kreativitas pada siswa agar lebih
baik dalam penggunaan dan pembuatan teknologi dalam abad 21. Dalam kegiatan
Workshop MGMP ini para Guru TIK SMP Kabupten Bojonegoro dipekernalkan STEAM
Sains Komputer dengan menggunakan App Inventor sebagai sistem kreativitas pembuatan
aplikasi di dalam Sistem Operasi Android ™
diharapkan setelah kegiatan Workshop ini Guru TIK SMP Kabupaten
Bojonegoro dapat menerapkan pendidikan STEAM Sains Komputer kepada siswanya dan
Guru Matapelajaran lainnya dalam pengembangan pendidikan di Kabupaten
Bojonegoro.
Adapun bentuk workshop dari
Aplikasi Media Pembelajaran ini untuk Guru Matapelajaran Bahasa Inggris dalam
hal “Speaking” dan “Listening” adapun bentuk aplikasi seperti gambar dibawah
ini.
Gambar 1 Aplikasi Speaking |
Gambar 2 Aplikasi Listening |
Gambar 3 Komponen Speaking |
Screen1
Sebagai
tampilan/form aplikasi
imgCover
Tempat melatakan
gambar cover
txtSay
Tempat hasil
teks dari percakapan
btnSay
Tombol pemroses
data
srSay
Pemroses suaraGambar 4 Aplikasi Listening |
Screen1
Sebagai
tampilan/ form aplikasi
imgLogo
Tempat meletakan
gambar cover
txtSaya
Tempat teks yang
akan di baca system
cmdSay
Tombol pemroses
data
ttsSay
Pembaca kata dalam txtSay
Setelah komponen terbentuk dan
tampilan terbentuk (UI) maka langkah selanjutnya melakukan kode aplikasi dengan
sistem Blocks seperti berikut:
Gambar 5 Blok Initial Speaking |
Gambar 6 Blok Proses Listening |
Melakukan
initial data Speaking pada srSay dengan mengkosongkan txtSay sehingga tidak ada
teks sama sekali
Ketika
tombol btnSaya di tekan maka akan memanggil komponen srSay untuk memproses agar
Android ™ membacakan teks yang ada dalam txtSay
Gambar 7 Blok Pemroses Suara |
Berikut
adalah blok untuk srSay memproses data yang ada dalam txtSay agar dapat
didengarkan oleh siswa percakapannya.
Gambar 8 Blok Speaking |
Ketika
tombol cmdSay di tekan maka akan memproses Speaking pada Android ™ dan hasil suara
ditampung dalam txtSay agar dapat diketahui hasil dari speaking siswa apakah
sudah benar atau tidak dengan menggunakan ponsel guru.
Sehingga Guru
TIK sesuai peraturan terbaru dapat membantu sesama guru atau siswa dalam melakukan
pembelajaran agar siswa dapat menerapkan STEAM Sains Komputer dengan lebih baik.
Sistem App Inventor bisa dilakukan secara On-Line dan Off-Line pada sistem
komputer sekolah selain itu ada juga media pembelajaran STEAM Sain Komputer
berbasis tanpa komputer untuk sekolah yang belum memiliki komputer. Ke depan
harapan semoga STEAM Sain Komputer dapat diterapkan secara klasikal di
Pendidikan TIK SMP Bojonegoro dengan 2 JJM klasikalnya.
Anda dapat melakukan instalasi hasil STEAM Sains Komputer pada link berikut:
Nanti kita bersama-sama buat aplikasi2 yg lebih banyak lg, khususnya utk guru TIK SMP Bojonegoro. trimaksh Pak Yohan
BalasHapusOke. 86
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BalasHapus