Pages

SEAMEO Capacity Building of Virtual Coordinators for Batch 2

Dalam rangka meningkatkan kapasitas sumber daya manusia di Asia Tenggara dengan menggunakan teknologi ICT modern dengan sejumlah besar peserta, dan skala ekonomi untuk pelaksanaannya, Sekretariat SEAMEO bekerja sama dengan 21 Pusat Regional SEAMEO dan lembaga eksternal telah mengembangkan program pengembangan kapasitas yang disebut “SEAMEO Online Lecture Series and Training Programmes”.    
SEAMEO Online Lecture Series and Training Programmes bertujuan untuk pengembangan kapasitas pembuat kebijakan, pendidik, praktisi, peneliti, administrator sekolah, dosen, guru, dan siswa di negara-negara Asia Tenggara yang difasilitasi oleh platform online; khususnya, WebEx dan MOOCs, dirancang untuk E-learning dan meningkatkan pengetahuan. Ditunjang dengan keahlian dosen dan pelatih yang sangat berkomitmen, kuliah dan program pelatihan berbagai topik akademis sudah dan sedang dilaksanakan sepanjang 2017-2018.
Mulai Maret 2017, Sekretariat SEAMEO telah menjalankan program ini sebagai fasilitator utama dan lembaga koordinasi. Ini melibatkan semua tindakan promosi, pendaftaran, hosting / moderasi sesi, dan pembuatan sertifikat; sementara nara sumber dibawa oleh Pusat SEAMEO yang berkolaborasi dan lembaga eksternal untuk berbagi pengetahuan mereka.
Sebagai tanggapan terhadap arahan untuk memperluas pengembangan kapasitas untuk skala audiens yang lebih besar, SEAMEO Secretariat (SEAMES) akan menyelenggarakan “Capacity Building untuk guru-guru Indonesia pada proses dan pengalaman terbaik untuk menjadi Virtual Coordinator pada diklat dalam jaringan. Pelaksanaan workshop sifatnya tentatif yang direncanakan mulai tanggal 13 s.d 15 November 2018.
        SEAMEO Online Virtual Coordiator Program bertujuan untuk:
1.    Meningkatkan kemampuan guru Indonesia dalam memberikan kursus online; khususnya melalui platform WebEx.
2.     Memperkenalkan seluruh proses kerja kelas online, serta untuk berbagi praktik terbaik bagian dari pelatihan online dalam bentuk program pelatihan.
Pada kesempatan ini SEAMEO membuka kesempatan pelatihan pada Batch 2 dengan cara mendaftar pada http://bit.ly/daftar-vct2 sampai dengan 13 Januari 2019 untuk detail informasi dapat melihat gambar dibawah ini:
adapun gambaran proses yang harus dilaksanakan seperti alur diagram berikut ini (flowchart):
adapun tahapan langkah-langkah yang harus dilakukan sebagai berikut:

  1. Presenter
Membuat Materi dan Memaparkan Presentasi dan membuat profile
https://sway.office.com/c2nGYW2RHvU62eEC?ref=Facebook&fbclid=IwAR0dxS8wvmmKz2G46brn9bTJzHB5Y1cXWC6syDVZP4cFEACupj47kf8vWKw


  1. Moderator
Mengatur proses kegiatan dengan baik antara Presenter dengan Peserta serta membuat absensi online
  1. Host
Membuka kegiatan awal dan melakukan perekaman selama proses dan melakukan proses upload hasil Presenter ke dalam chanel yotube
https://www.youtube.com/watch?v=q6RXq-OGYJM
https://www.youtube.com/watch?v=OoL1bpAHGKY

apa yang didapat setelah melakukan kegaiatan VCT:

  1. Sebagai koordinator tingkat wilayahnya yang didukung SEAMEO dan Dirjen GTK  Kemdikbud dalam agenda peningkatan guru dalam bentuk Zonasi
  2. Mendapat surat dan sertifikat dari SEAMEO sebagai VCT selama 1 (satu) tahun.
Pada kesempatan Batch 2 ini semoga teman-teman yang telah mendaftarkan diri dapat berkesempatan menjadi VCT 2019.

Yohan Adi Setiawan

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar